Eksperimentasi Pembelajaran matematika Dengan Metode Pembelajaran Learning Activities and Problem Solving (LAPS) Heuristic Pada Pokok Bahasan Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP

ASTUTI, UTAMI ARI (2012) Eksperimentasi Pembelajaran matematika Dengan Metode Pembelajaran Learning Activities and Problem Solving (LAPS) Heuristic Pada Pokok Bahasan Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran LAPS Heuristic terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Bayat yang berjumlah 216 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov (Liliefors) untuk uji normalitas dan metode test of homogeneity of variances (Bartlet) untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran LAPS Heuristic terhadap prestasi belajar matematika dengan Fa = 8,861, (2) terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 8,628, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,694.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAPS Heuristic, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 05:06
Last Modified: 28 Mar 2012 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item