ASTUTI, UTAMI ARI (2012) Eksperimentasi Pembelajaran matematika Dengan Metode Pembelajaran Learning Activities and Problem Solving (LAPS) Heuristic Pada Pokok Bahasan Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (273kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran LAPS Heuristic terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Bayat yang berjumlah 216 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov (Liliefors) untuk uji normalitas dan metode test of homogeneity of variances (Bartlet) untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran LAPS Heuristic terhadap prestasi belajar matematika dengan Fa = 8,861, (2) terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 8,628, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,694.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAPS Heuristic, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 05:06 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 05:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17548 |
Actions (login required)
View Item |