Hisan, Mahmud (2012) Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya ( PTK di SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Haldep.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Baki yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari 1) Aktif memperhatikan penjelasan teman sebaya sebelum diadakan tindakan sebesar 32,43% dan setelah tindakan meningkat menjadi 72,97%, 2) Menjawab pertanyaan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 5,4% dan setelah tindakan meningkat menjadi 62,16%, 3) Bertanya jika ada kesulitan dalam memehami penjelasan dari teman sebaya sebelum diadakan tindakan sebesar 0% dan setelah tindakan meningkat menjadi 27,03%, 4) Mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 8,1% dan setelah tindakan meningkat menjadi 29,73%, 5) Mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan sebesar 8,1% dan setelah tindakan meningkat menjadi 40,54%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 24,32% dan setelah tindakan meningkat menjadi 67,57%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran melalui pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, keaktifan, pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 04:45 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17547 |
Actions (login required)
View Item |