Nugroho, Agung (2012) Pengaruh Lingkungan Keluargan dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
PRA_HALAMAN.pdf Download (210kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono; 2) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Sampel diambil sebanyak 58 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,156 + 0,273X1 + 0,141X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,212 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 21%; 2) Ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,593 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 6%; 3) Ada pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 10,166 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,270. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,270 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 27% sedangkan 6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 04:59 |
Last Modified: | 28 Mar 2012 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17545 |
Actions (login required)
View Item |