Pengaruh Lingkungan Keluargan dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2010/2011

Nugroho, Agung (2012) Pengaruh Lingkungan Keluargan dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
PRA_HALAMAN.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono; 2) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Sampel diambil sebanyak 58 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,156 + 0,273X1 + 0,141X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,212 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 21%; 2) Ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,593 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 6%; 3) Ada pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 10,166 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,270. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,270 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 27% sedangkan 6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Mar 2012 04:59
Last Modified: 28 Mar 2012 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item View Item