Artiningtyas, Yunita (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD N 01 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan teknik cerita berantai pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan katerampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator yang mencakup: 1) Siswa yang berani dalam mengucapkan cerita/pengumuman yang didengar sebelum adanya penelitian sebesar 36,4%, pada siklus I 50% dan di akhir tindakan 81,8%. 2) Kelancaran siswa dalam mengucapkan cerita/pengumuman yang didengar sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 40,9% dan di akhir tindakan 77,3%. 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum adanya penelitian sebesar 27,3%, pada siklus I 50% dan di akhir tindakan 86,4%. 4) Keruntutan kata yang diucapkan sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 36,4% dan di akhir tindakan 68,2%. 5) Ketepatan kata yang diucapkan sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 40,9% dan di akhir tindakan 72,7%, 6) Hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian sebesar 40,9%, pada siklus I 63,6% dan di akhir tindakan 77,3% sesuai pencapaian batas ketuntasan yaitu ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan berbicara, teknik cerita berantai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 10:34 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17541 |
Actions (login required)
View Item |