Tumiyati, Tumiyati (2012) Penggunaan Media Papan Berpaku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi Bangun Datar melalui penggunaan media papan berpaku pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika materi Bangun Datar. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika materi Bangun Datar melalui penggunaan media papan berpaku siswa IV SD Negeri 03 Jatiwarno, terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 66,6% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 88,8%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | papan berpaku, hasil belajar siswa, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 08:08 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 08:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17536 |
Actions (login required)
View Item |