Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tata Huruf di TK Pertiwi Duwet I Kecamatan wonosari Klaten Tahun Ajaran 2010/2011

Widyastuti, Widyastuti (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tata Huruf di TK Pertiwi Duwet I Kecamatan wonosari Klaten Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan tata huruf. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Pertiwi Duwet I Kecamatan Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai kemampuan membaca permulaan menunjukkan adanya peningkatan dan perubahan terhadap kemampuan membaca anak yang sebelumnya baru mengenal beberapa huruf menjadi bisa mengenal dan membaca kata sederhana dapat merangkai kata dan membaca kalimat sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca, sebelum tindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 53%, siklus II 67%, dan siklus III 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan tata huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca permulaan, permainan tata huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 05:58
Last Modified: 27 Mar 2012 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17529

Actions (login required)

View Item View Item