Partinah, Partinah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science Pada Siswa Kelas V SDN 02 Waru, Kecamatan Kebakramat Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Children Learning In Science. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Children Learning In Science. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Waru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model Children Learning In Science. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 63.33 pada siklus II 73.33 pada siklus III 85. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (2) Penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan penguasaan materi tentang gaya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Children Learning In Science, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 05:07 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 05:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17525 |
Actions (login required)
View Item |