Pengelolaan Kelas di SD Negeri Pajang III No. 206 Kecamatan Laweyan surakarta Tahun 2012

LISTYARINI, WURI PRASTIWI (2012) Pengelolaan Kelas di SD Negeri Pajang III No. 206 Kecamatan Laweyan surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan yang utama. Peranan guru yang utama adalah menciptakan serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan, dan dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas yang ada di SD Negeri Pajang III No. 206 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pajang III Kecamatan Laweyan Surakarta. Dimulai bulan November 2011 sampai dengan bulan Februari 2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas I, II, III, IV, V, VI dan didukung oleh informan penelitian. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dan wawancara. Dan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi pengamat, triangulasi teori dan triangulasi metode. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tujuan dari pembelajaran di SD Negeri Pajang III sudah tercapai dengan pengelolaan kelas yang baik, guru mempersiapkan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan persiapan yang sangat terorganisir, guru melakukan pencegahan terhadap masalah-maalah yang akan muncul dalam pengelolaan kelas, dan guru melakukan kegiatan yang bersifat penyembuhan dalam masalah pengelolaan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 04:54
Last Modified: 27 Mar 2012 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item View Item