LISTYARINI, WURI PRASTIWI (2012) Pengelolaan Kelas di SD Negeri Pajang III No. 206 Kecamatan Laweyan surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (144kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan yang utama. Peranan guru yang utama adalah menciptakan serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan, dan dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas yang ada di SD Negeri Pajang III No. 206 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pajang III Kecamatan Laweyan Surakarta. Dimulai bulan November 2011 sampai dengan bulan Februari 2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas I, II, III, IV, V, VI dan didukung oleh informan penelitian. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dan wawancara. Dan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi pengamat, triangulasi teori dan triangulasi metode. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tujuan dari pembelajaran di SD Negeri Pajang III sudah tercapai dengan pengelolaan kelas yang baik, guru mempersiapkan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan persiapan yang sangat terorganisir, guru melakukan pencegahan terhadap masalah-maalah yang akan muncul dalam pengelolaan kelas, dan guru melakukan kegiatan yang bersifat penyembuhan dalam masalah pengelolaan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2012 04:54 |
Last Modified: | 27 Mar 2012 04:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17524 |
Actions (login required)
View Item |