Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Krama Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Dengan Metode Sosiodrama dan Bermain Peran Siswa Kelas IV SDN 2 Jomboran kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Putriyani, Novalia Rizki (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Krama Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Dengan Metode Sosiodrama dan Bermain Peran Siswa Kelas IV SDN 2 Jomboran kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jomboran Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kleas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jomboran Kabupaten Klaten. Peenlitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Dari tindakan siklus I samapi siklus II terjadi peningkatan keterampilan berbicara bahasa krama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan jurnal. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 53,67% (8 siswa) mendapat nilai ≥70 (KKM) dari 15 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 66,67% (10 siswa) dari 15 siswa. Pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 20% dari siklus I menjadi 86,67% (13 siswa) dari 15 siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode sosiodrama dan bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jomboran Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Sosiodrama dan bermain peran, Keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 04:38
Last Modified: 27 Mar 2012 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item