Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Pada Mata pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali tahun 2011/2012

FAJAR JUNIANTO, HARY (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Pada Mata pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari realitas yang terjadi dalam proses pembelajaran PKn di sekolah dasar, banyak guru yang masih menggunakan metode-metode konvensional. Metode dalam proses belajar mengajar hanya dijalankan dengan ceramah dan transfer pengetahuan oleh guru saja. Dalam hal ini domain afektif dan psikomotor justru dikesampingkan dan tidak ditanamkan dalam diri siswa. Padahal dalam pembelajaran PKn domain afektif/ sikap merupakan aspek penting yang harus dicapai siswa di setiap akhir pembelajaran. Aspek ini membentuk watak dan kepribadian siswa. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran PKn. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah VCT (Value Clarification Technique). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas V SDN 2 Nogosari Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) pada materi kebebasan berorganisasi. Hasil penelitian hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 35% atau sebanyak 7 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM) dari 20 siswa, pada pelaksanaan siklus I meningkat sebesar 65% atau sebanyak 13 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM), dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 85% atau sebanyak 17 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali tahun 2011/2012 Kata kunci : Model pembelajaran VCT, Hasil belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran VCT, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 26 Mar 2012 10:56
Last Modified: 26 Mar 2012 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item View Item