NASIROTUN, SITI (2012) Peningkatan penguasaan kosakata dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui permainan belajar bingo pada siswa kelas II SD Negeri 04 Jaten tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN 04 Jaten atau tidak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD N 04 Jaten tahun pelajaran 2011/2012? Subyek pelaku tindakan peneliti dan guru kelas II SD N 04 Jaten Kecamatan Jaten. Subyek kedua dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 04 Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 38 siswa yang terdiri 23 Putra dan 15 Putri. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian/display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bingo kemampuan penguasaan kosakata siswa mengalami peningkatan dari hasil belajar siswa 39.5% pada data awal menjadi 50% kemudian meningkat menjadi 87% hingga mencapai hasil belajar 95%. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 26%, siklus II meningkat menjadi 60.5% dan pada siklus III mampu mencapai 87 %. Kreatifitas belajar siswa juga meningkat, perubahan hasil belajar pada kreatifitas belajar dapat terlihat dari data awal 0%, siklus I ada peningkatan menjadi 39.5%, pada siklus II sebesar 50%, hingga pada siklus III merupakan puncak dari hasil tindakan dengan permainan bingo seluruh siswa mau dan mampu mengembangkan kreatifitasnya mencapai 92%. Kata kunci : permainan bingo, kosakata.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan bingo, kosakata |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 10:23 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 10:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17516 |
Actions (login required)
View Item |