Ardiyanto, Ardiyanto (2012) Peningkatan hasil Belajar PKn dengan Metode Card Short Pada Kelas IV SD Negeri 01 Sembung Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (444kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran PKn kelas IV di SD Negeri 01 Sembung serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Negeri 01 Sembung, yang berjumlah 28 siswa, yaitu siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 14 siswa sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar. Metode Pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (46,42%), siklus I sebanyak 19 siswa (67,86%), siklus II sebanyak 23 siswa (82,14%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sembung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode Card Sort |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 07:03 |
Last Modified: | 26 Mar 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17502 |
Actions (login required)
View Item |