Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Media Chart Kelas V SD N 2 Banyuurip Klego Boyolali Tahun 2011/2012

Arini, Dwi Nur (2012) Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Media Chart Kelas V SD N 2 Banyuurip Klego Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui metode Student Facilitator And Explaining dengan media Chart pada siswa kelas V semester genap tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Banyuurip, Klego, Boyolali yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar yang mencakup: 1) Antusias siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebesar 16,66%, putaran I 22,22%, putaran II 33,33%, dan putaran III 66,66%. 2) Siswa mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 27,77%, putaran I 44,44%, putaran II 55,55% dan putaran III 83,33%. 3) Keberanian siswa menanggapi pekerjaan siswa lain sebelum tindakan 16,66%, putaran I 27,77%, putaran II 33,33%, dan putaran III 83,33%. 4) Keberanian mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 11,11%, putaran I 16,66%, putaran II 38,88%, dan putaran 66,66%. 5) Keberanian siswa bertanya sebelum tindakan 11,11%, putaran I 16,66%, putaran II 38,33%, dan putaran III 66,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Student Facilitator And Explaining dengan media Chart dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Banyuurip, Klego, Boyolali tahun 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar siswa, metode student facilitator and explaining, media chart
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 04:21
Last Modified: 26 Mar 2012 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item