Pengaruh Pengajian Kitab Hadits Arba’in Nawawiyah Terhadap Akhlak Peserta Kajian Pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Banyu Urip Kecamatan Klego Boyolali Tahun 2010/2011

Sutrisno, Muhammad Amin (2012) Pengaruh Pengajian Kitab Hadits Arba’in Nawawiyah Terhadap Akhlak Peserta Kajian Pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Banyu Urip Kecamatan Klego Boyolali Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Pengajian merupakan sarana pengajaran agama Islam yang telah berlangsung lama dan memberikan pengaruh baik terhadap perubahan pola pikir masyarakat sehingga secara langsung maupun tidak langsung merubah perilaku atau akiilak masyarakat, terutama yang aktif mengikuti pengajian. Muhammadiyah merupakan organisasi masyarakat di bidang keagamaan yang telah memberikan sumbangsih yang berarti dalam memajukan masyarakat muslim pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumya. Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Banyuurip Kecamatan Klego kabupaten Boyolali menyelenggarakan pengajian kitab hadits Arba’in Nawawiyah yang memuat pokok-pokok agama seperti aqidah, ibadah dan akhlak. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Pengajian kitab Hadits Arba’in Nawawiyah terhadap peserta pengajian pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Banyuurip Kecamatan Klego kabupaten Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengajian kitab hadits Arba’in Nawawiyah terhadap akhlak peserta kajian pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Banyuurip kecamatan Klego, Boyolali. Adapun manfaat teoritis penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan tentang akhlak Islam kepada masyarakat, serta memberikan tambahan referensi pada penelitianpenelitian tentang pelaksanaan pengajian rutin di lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi Analisa data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari analisa ini diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pengajian kitab hadits Arba’in Nawawiyah berpengaruh terhadap akhlak peserta pengajian pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Banyuurip kecamatan Klego. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengajian kitab hadits Arba’in Nawawiyah berpengaruh kuat terhadp akhlak peserta pengajian pada Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Banyuurip kecamatan Klego kabupaten Boyolali dengan nilai rerata jawaban resonden 75,59 pada interval 66-77 yang menunjukkan bahwa pengajian kitab hadits Arba'in Nawawiyah termasuk dalam kategori baik dan nilai rerata jawaban responden 90,26 pada interval 87-100 yang menunjukkan akhlak peserta pengajian dalam kategori sangat baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-05
Uncontrolled Keywords: kitab hadits Arba’in Nawawiyah, akhlak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Mar 2012 11:23
Last Modified: 04 Jul 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item