Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Helajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

JANNAH, AYYU NURUL (2012) Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Helajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PKn melalui penggunaan media puzzle pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan kesimpulan bahwa melalui penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata ulangan harian dalam kondisi awal dengan siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,4 atau 13,9% sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,3 atau 15%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa melalui penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempel Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 11:09
Last Modified: 22 Mar 2012 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17480

Actions (login required)

View Item View Item