Afifah, Dina (2012) Penerapan Metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD N Kalimati II Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (366kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab,III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab,IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang kelas V SD N Kalimati II tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan 2 siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Kalimati II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V melalui metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs). Pada Pra siklus siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 43,75 % dari jumlah seluruh siswa kelas V, terjadi peningkatan sebanyak 7 siswa atau 21,87 % pada siklus I menjadi 21 anak atau 65,62 % dari jumlah seluruh siswa kelas V yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 84, 37 % dari jumlah seluruh siswa kelas V, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18,75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD N Kalimati II tahun 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs), hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2012 10:27 |
Last Modified: | 22 Mar 2012 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17474 |
Actions (login required)
View Item |