Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Melalui Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Krebet 03 Tahun Ajaran 2011/2012

Nurkumalasari, Ria (2012) Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Melalui Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Krebet 03 Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
02._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab.II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab.III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab.IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (Bab.V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._A_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita melalui metode pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitin ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Krebet 03 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan mellui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dengan materi bangun datar dan bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang sebelumnya hanya 40,62%. Pada siklus 1 hasil belajar yang dicapai menjadi 72% dari 32 siswa dan 23 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 91% dengan 29 siswa yang telah mencapai KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunan metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita dengan materi bangun datar dan bangun ruang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengerjakan soal cerita, everyone is a teacher here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:00
Last Modified: 22 Mar 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item