Analisa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan jasa pelayanan rawat jalan di puskesmas gatak di kabupaten sukoharjo

PUTRA, YANUAR AVIAN (2012) Analisa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan jasa pelayanan rawat jalan di puskesmas gatak di kabupaten sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab 2)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab 3)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab 5)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Da Pus)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAKSI Kepuasan pelanggan/pasien merupakan perasaan subyektif senang atau kecewa seseorang/pelanggan/pasien yang muncul setelah membandingkan antara harapan dan kenyataan setelah menerima pelayanan kesehatan. Bila klien/pasien/pelanggan merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya, maka akan semakin meningkat pula loyalitasnya untuk senantiasa menggunakan jasa layanan kesehatan tersebut. Ada beberapa unsur yang berpengaruh dalam menentukan kepuatan pelanggan. Beberapa unsur tersebut adalah empathy, keamanan, kenyamanan, keterampilan dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa beberapa unsur yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jasa pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Studi ini merupakan studi analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner kepada 150 responden yaitu pelanggan/pasien yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan di rawat jalan Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Kesioner digunakan untuk memperoleh data dari variabel dependen dan variabel independen. Metode analisis yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua unsur seperti empathy, kenyamanan, keamanan, keterampilan, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pelayanan kesehatan di Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo dibuktikan dengan hasil uji validitas menunjukkan P value < 0,05, uji reliabilitas nilai Alpha Cronbach’s lebih besar dari 0,600. Regresi berganda menunjukkan nilai koefisien bertanda positif. Uji t dan uji F menunjukkan signifikan karena t hitung dan F hitung lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan empathy, kenyamanan, keamanan, ketrampilan, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jasa pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Gatak Kabupeten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor, berpengaruh, kepuasan, pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 21 Mar 2012 10:31
Last Modified: 21 Mar 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item