Analisis Return dan Risiko Saham untuk Investasi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2006-2009

Puspitasari, Anita (2012) Analisis Return dan Risiko Saham untuk Investasi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2006-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Untuk membentuk portofolio saham yang efisien, kita perlu mengetahui seberapa besar risiko yang harus ditanggung dan seberapa besar return yang akan kita peroleh setelah menanggung risiko tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui risiko dan return yang akan didapat oleh seorang investor, sehingga investor tersebut dapat memilih serta memutuskan investasi saham yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) untuk mengetahui seberapa besar risiko dan return yang akan dihadapi serta saham mana yang layak dan memberikan keuntungan bagi calon investor. Capital Asset Pricing Model (CAPM) merupakan sebuah model yang digunakan dalam melakukan penilaian terhadap harga sekuritas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2009 yang berjumlah 30 perusahaan. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa harga penutupan saham bulanan (monthly closing price), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan tingkat suku bunga (SBI/BI Rate). Untuk dapat menentukan saham yang dapat diinvestasikan sekaligus memberikan keuntungan bagi investor, maka ditetapkan beberapa kriteria, yaitu saham tersebut merupakan saham agresif (β > 1), excess return bernilai positif, hubungan yang linear antara risiko dan return, serta β yang signifikan. Maka dari itu, dari 30 perusahaan manufaktur yang menjadi sampel, ada 3 perusahaan yang memenuhi kriteria dan layak untuk diinvestasikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return, Risiko, Beta, CAPM, Investasi, Perusahaan Manufaktur.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Mar 2012 06:37
Last Modified: 21 Mar 2012 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item