Penerapan Metode Two Stay- Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri II Trukan Pracimantoro Wonogiri Tahun 2011/ 2012

Kartikasari, Ratih (2012) Penerapan Metode Two Stay- Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri II Trukan Pracimantoro Wonogiri Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay- Two Stray pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri II Trukan Pracimantoro Wonogiri yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita yang mencakup: 1) Kemampuan siswa memahami soal cerita sebelum tindakan 50%, putaran I 64,29%, putaran II 92,86%, dan putaran III 100%, 2) Kemampuan siswa merencanakan strategi pemecahan soal cerita sebelum tindakan 35,71%, putaran I 50%, putaran II 64,29%, dan putaran III 85,71%, 3) Kemampuan siswa melaksanakan strategi pemecahan soal cerita sebelum tindakan 21,43%, putaran I 35,71%, putaran II 57,14%, dan putaran III 64,29%, 4) Kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita dengan jawaban yang tepat sebelum tindakan 21,43%, putaran I 21,43%, putaran II 35,71%, dan putaran 57,14%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran Two Stay- Two Stray dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri II Trukan Pracimantoro Wonogiri Tahun 2011/ 2012. Kata kunci: kemampuan siswa, metode pembelajaran Two Stray- Two

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa, metode pembelajaran Two Stray- Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Mar 2012 11:28
Last Modified: 20 Mar 2012 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item View Item