Rizqi, Ikfina (2012) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_AWAL.pdf Download (377kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada siswa kelas IV semester genap tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pomahan Rembang yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator kemampuan komunikasi yang mencakup: 1) Keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,81%, putaran I 38,10%, putaran II 47,62%, dan putaran III 61,90%. 2) Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 33,33%, putaran I 47,62%, putaran II 57,14%, dan putaran III 66,67%. 3) Aktivitas siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat sebelum tindakan 19,05%, putaran I 28,57%, putaran II 38,10%, dan putaran III 52,38%. 4) Keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 28,57%, putaran I 42,86%, putaran II 61,90%, dan putaran 76,19%. 5) kemampuan siswa dalam kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 47,61%, putaran I 57,14%, putaran II 71,43%, dan putaran III 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Pomahan Rembang tahun 2011/ 2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-31 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematika siswa, strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 11:13 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17429 |
Actions (login required)
View Item |