Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Tahun 2011/2012

Rizqi, Ikfina (2012) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Siswa Kelas IV Semester Genap Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada siswa kelas IV semester genap tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pomahan Rembang yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator kemampuan komunikasi yang mencakup: 1) Keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,81%, putaran I 38,10%, putaran II 47,62%, dan putaran III 61,90%. 2) Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 33,33%, putaran I 47,62%, putaran II 57,14%, dan putaran III 66,67%. 3) Aktivitas siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat sebelum tindakan 19,05%, putaran I 28,57%, putaran II 38,10%, dan putaran III 52,38%. 4) Keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 28,57%, putaran I 42,86%, putaran II 61,90%, dan putaran 76,19%. 5) kemampuan siswa dalam kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 47,61%, putaran I 57,14%, putaran II 71,43%, dan putaran III 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Pomahan Rembang tahun 2011/ 2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-31
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematika siswa, strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Mar 2012 11:13
Last Modified: 25 Jun 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item