Susnawati, Ayuk (2012) Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam (Tinjauan Historis dan Filosofis Pendidikan Yang Diterapkan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_dll.pdf Download (613kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (317kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
Abstract
Sejarah mencatat, bahwa pesantren memiliki peranan yang sangat besar dalam ikut memajukan pendidikan di Indonesia selama ini. Kelebihan Pesantren terletak pada keberadaannya yang multifungsional yaitu sebagai: lembaga pendidikan, dakwah dan perjuangan. Agar pesantren tidak kalah majunya dengan lembaga pendidikan lain, maka salah satu usaha yang dilakukan pesantren adalah dengan mengembangkan pendidikan formalnya (sekolah dan madrasah) dan pendidikan ekstranya. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta. Berawal dari Pondok Pesantren Ta’mirul Islam sebagai salah satu pesantren yang di dalamnya terdapat pendidikan Islam dengan sistem asrama, dengan pelajaran agama dan umum yang seimbang. Mendidik santri untuk bekerja atas dasar keikhlasan yang berlandaskan pada kesadaran sebagai makhluk Tuhan dengan hidup penuh kesederhanaan tanpa melebih-lebihkan sehingga dapat memberikan sebuah keteladanan yang baik sebagai pemimpin umat yang penuh dengan kasih sayang. Bertujuan untuk mencetak kader ulama yang ‘alim, sholeh dan menjadi pemersatu umat. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tujuan yaitu: untuk mengetahui latar belakang historis berdirinya Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta, dan mengetahui filosofis berdiri dan berkembangnya Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Badan Wakaf, Bapak Pimpinan Pondok, Direktur KMI Putri, Ustadz/ustadzah, dan Remaja Masjid Tegalsari Surakarta. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Pesantren Ta’mirul Islam dilihat dari sisi historis dan filosofis telah mampu berperan dalam mengembangkan pendidikannya melalui: 1. Pendidikan KMI setara dengan SMU yang ditempuh selama 6 tahun dan 4 tahun untuk lulusan SMP. 2. Pondok Pesantren Ta’mirul Islam mempunyai prinsip untuk semua golongan. 3. Mempunyai 5 jiwa yaitu: Keikhlasan, Kesadaran, Kesederhanaan, Keteladanan, dan Kasih Sayang. 4. Mempunyai motto yaitu: Iso Ngaji Lan Ora Kalah Karo Sekolah Negeri, Al-qur’anu Taajul Ma’had, dan Al-Lughotu Libaasul Ma’had.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren, Historis dan Filosofis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2012 07:00 |
Last Modified: | 20 Mar 2012 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17410 |
Actions (login required)
View Item |