UTOMO, HIDAYAT NUR CAHYANTO (2011) Model Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._COVER.pdf Download (239kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
Abstract
Perkembangan masyarakat sekarang ini menghendaki adanya pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan, kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen mencoba sekuat tenaga untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut. Demi untuk memenuhi tuntutan tersebut Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen mencoba untuk mengesampingkan model pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penulisan ini dilatar belakangi oleh adanya paradigma yang salah dalam masyarakat, yang menganggap bahwa Pesantren hanyalah tempat belajar bagi calon kyai dan juru dakwah agama Islam. Masyarakat menganggap bahwa pesantren tidak dapat membuat anak-anak mereka menjadi pintar dalam ilmu-ilmu umum dikarenakan model pembelajaran yang dipakai sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. permasalahan yang akan dikaji dalam Skripsi ini adalah tentang model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah. Selain itu penelitian ini mencoba mencari factor penghambat dan pendukung keberagaman model pembelajaran di Pondok Pesantren tersebut. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh selanjutnya data tersebut akan dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Dari penelitian diperoleh data dimana Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen tidak lagi menggunakan model pembelajaran konvensional. Namun Pondok Pesantren telah mencoba untuk menjadi sebuah Pesantren modern yang menggunakan model-model pembelajaran modern. Hal ini disebabkan oleh mulai banyaknya mata pelajaran umum yang masuk ke dalam pendidikan Pesantren, sehingga hal ini mengakibatkan model pembelajaran konvensional dirasa tidak lagi relavan dengan pendidikan modern. Dari penelitian ini dapat ditarik suatu kesimpulan yaitu, Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, belajar berdasarkan masalah, model pembelajaran terpadu, dan model sorogan. Dari kesimpulan tersebut telah terbukti bahwa model pembelajaran konvensional yang diterapkan Pesantren di masa lalu tetap mempunyai keunggulan tersendiri daripada model pembelajaran modern. Jadi semestinya model sorogan tidak dihilangkan begitu saja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 11:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2012 06:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17399 |
Actions (login required)
View Item |