MARGIASTUTI, DEVI (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (227kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) perbedaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Delanggu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas Problem Posing dan 36 siswa sebagai kelas Konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clusterr Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 4,810, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai FB = 19,917, (3) tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FAB = 0,328.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Konvensional, dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 11:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 11:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17398 |
Actions (login required)
View Item |