EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011)

MARGIASTUTI, DEVI (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) perbedaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Delanggu. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas Problem Posing dan 36 siswa sebagai kelas Konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Clusterr Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 4,810, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai FB = 19,917, (3) tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FAB = 0,328.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Konvensional, dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 11:15
Last Modified: 19 Mar 2012 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17398

Actions (login required)

View Item View Item