Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Spldv Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

ASTUTI , RENNY SHOFIA (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Spldv Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan pemahaman konsep SPLDV siswa melalui implementasi model pembelajaran Matematika Realistik berbasis Discovery dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa dalam membedakan contoh dan non contoh sebelum tindakan 14,71% dan diakhir tindakan 47,06%, 2) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum tindakan 17,65% dan diakhir tindakan 67,65%, 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 20,59% dan diakhir tindakan 70,59%, 4) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang suatu konsep SPLDV sebelum tindakan 5,88% dan diakhir tindakan 70,59%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 44,12% sedangkan sesudah dilakukan tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 76,47%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi model pembelajaran Matematika Realistik berbasis Discovery dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Matematika Realistik, Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:27
Last Modified: 19 Mar 2012 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item View Item