ASTUTI , RENNY SHOFIA (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Spldv Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf Download (357kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan pemahaman konsep SPLDV siswa melalui implementasi model pembelajaran Matematika Realistik berbasis Discovery dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa dalam membedakan contoh dan non contoh sebelum tindakan 14,71% dan diakhir tindakan 47,06%, 2) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum tindakan 17,65% dan diakhir tindakan 67,65%, 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 20,59% dan diakhir tindakan 70,59%, 4) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang suatu konsep SPLDV sebelum tindakan 5,88% dan diakhir tindakan 70,59%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 44,12% sedangkan sesudah dilakukan tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 76,47%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi model pembelajaran Matematika Realistik berbasis Discovery dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Matematika Realistik, Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 10:27 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17390 |
Actions (login required)
View Item |