Penggunaan Model Pembelajaran Point-Counter-Point Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Gentungan UPT PUD NFI dan SD Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2011/2012

SUTOPO, SUTOPO (2012) Penggunaan Model Pembelajaran Point-Counter-Point Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Gentungan UPT PUD NFI dan SD Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Point-Counter-Point pada peserta didik kelas V SD Negeri 01 Gentungan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas dilakukan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data utama adalah peneliti yang melakukan tindakan dan siswa yang menerima tindakan, serta sumber data dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dengan dokumentasi. Pada Awal Kondisi Belajar dari sejumlah 35 anak diperoleh data tentang motivasi belajar dengan hasrat dan keinginan siswa berpendapat hanya 6%, dorongan dan keinginan belajar siswa 42% dan penghargaan kepada siswa 6%. Kondisi hasil belajar siswa dengan nilai terendah 45, nilai teringgi 90 dan nilai ≥ 65 adalah 46 % . Ketuntasan kelas 9 anak (26 %) dan nilai rata-rata kelas 61,875. Pada silkus III mencapai indikator keberhasilan penelitian dengan hasrat dan keinginan siswa berpendapat 29%, dorongan dan keinginan belajar siswa 94% dan penghargaan kepada siswa 34%. Hasil belajar siswa dengan nilai terendah 60, nilai tertinggi 95 dan nilai ≥ 65 adalah 94 %, ketuntasan kelas 21 anak (60%), nilai rata-rata kelas 75,714. Berdasarkan rincian peningkatan kemampuan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Point-Counter-Point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas V SD Negeri 01 Gentungan Kecamatan Mojogedang tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Point-Counter-Point, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 09:55
Last Modified: 19 Mar 2012 11:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item