Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Diyinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Pokok Bahasan SPLDV Siswa Kelas VIII SMP N 2 Colomadu

Utami, Novia Fajar (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Diyinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Pokok Bahasan SPLDV Siswa Kelas VIII SMP N 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh model pembelajaran matematika realistik berbasis discovery dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri II Colomadu tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VIII D sebagai siswa kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama dengan α = 5% diperoleh : (1) FA = 9,6075 > Ftabel = 4,0012 sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran matematika realistik berbasis discovery dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) FB = 13,7748 > Ftabel = 3,1504 sehingga terdapat pengaruh tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) FAB = 1,9357 < Ftabel = 3,1504 sehingga tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: matematika realistik, discovery, kreativitas, prestasi-belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 07:41
Last Modified: 19 Mar 2012 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item