Utami, Novia Fajar (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery Diyinjau Dari Kreativitas Belajar Pada Pokok Bahasan SPLDV Siswa Kelas VIII SMP N 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh model pembelajaran matematika realistik berbasis discovery dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri II Colomadu tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VIII D sebagai siswa kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama dengan α = 5% diperoleh : (1) FA = 9,6075 > Ftabel = 4,0012 sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran matematika realistik berbasis discovery dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) FB = 13,7748 > Ftabel = 3,1504 sehingga terdapat pengaruh tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) FAB = 1,9357 < Ftabel = 3,1504 sehingga tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika realistik, discovery, kreativitas, prestasi-belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 07:41 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 11:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17372 |
Actions (login required)
View Item |