Penerapan Metode Open Ended and Redirection Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011

Wiratama SP, Adi (2011) Penerapan Metode Open Ended and Redirection Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode open ended and redirection. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode alur. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan : 1. Banyaknya siswa yang bertanya kepada guru meningkat dari 27% menjadi 54%. 2. Banyaknya siswa yang mengerjakan soal di depan kelas dari 22% menjadi 49%. 3. Banyaknya siswa yang mengemukakan ide dari 14% menjadi 30%. 4. Banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dari 30% menjadi 46%. 5. Banyaknya siswa yang menyanggah atau menyetujui ide teman dari 11% menjadi 19%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-28
Uncontrolled Keywords: open ended and redirection, aktivitas belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 06:46
Last Modified: 21 Jun 2012 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

View Item View Item