Oktarina, Diah (2012) Optimalisasi Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment Untuk Meningkatakan Keaktifan Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII. E Semester Genap SMP N I Nguntoronadi Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan strategi Instant Assessment pada materi Himpunan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas VII E SMP N I Nguntoronadi tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah keaktifan belajar matematika meningkat. Kesimpulan penelitian ini meliputi 1) siswa yang mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum dipahami sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 41,67%, 2) siswa yang menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 29,17% dan setelah tindakan 87,50%, 3) siswa yang menyampaikan alasan pemilihan jawaban sebelum tindakan 20,83% dan setelah tindakan 75,00%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, Instant Assessment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 06:34 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 12:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17365 |
Actions (login required)
View Item |