Sri Utami,, Lilis (2012) Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangbangun Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanbangun kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku sebagai guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanbangun kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif yang mempunyai tiga buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV melalui model pembelajaran Quantum Teaching terbukti rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 62.12, pada siklus I 65, pada siklus II 72.31.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan hasil belajar siswa, quantum teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 06:01 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 12:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17363 |
Actions (login required)
View Item |