Santoso, Rachmat Dwi (2012) Strategi Peningkatan Kemampuan siswa Dalam Pemecahan Maslah Matematika Menggunakan Langkah-Langkah Polya (PTK di Kelas XI Semester Genap SMK MAN Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_pustaka.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Lampirn)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemempuan siswa dalam pemecahan masalah matematika menggunakan langkah-langkah polya pada pokok bahasan balok dan tabung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI M1 SKM MAN Karanganyar yang berjumlah 39 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan balok dan tabung dengan menggunakan langkah-langkah polya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,25%, dan di akhir tindakan mencapai 25,64%, 2) memahami materi sebelum diadakan tindakan sebesar 71,79%, dan di akhir tindakan mencapai 94,87%, 3) aktif mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 12,82%, dan di akhir tindakan mencapai 25,64%, 4) nilai rata-rata keseluruhan siswa dalam pemecahan masalah matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 73,07%, dan di akhir tindakan mencapai 84,10%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 71,79%, dan di akhir tindakan mencapai 94,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran menggunakan langkah-langkah polya dalam pembelajaran matematika pada pokok tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | langkah-langkah polya, kemampuan siswa dalam pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 05:45 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 12:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17362 |
Actions (login required)
View Item |