IZNAINI, RIZA (2012) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Fasilitas BElajar Terhadap. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
pra_halaman.pdf Download (455kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong tahun ajaran 2011/2012 yang telah menempuh mata pelajaran 205 siswa dengan sampel sebanyak 50 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = Y = 94,015+ 0, 343X1 + 0, 149X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,431 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 28,47 %; 2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,023 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049, dengan sumbangan efektif sebesar 7,03 %; 3). Ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,957 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,355. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,355 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 35,5 % sedangkan 64,5 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar, fasilitas belajar, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 05:27 |
Last Modified: | 19 Mar 2012 12:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17361 |
Actions (login required)
View Item |