Primawan, Ryan Angga (2012) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Pola BElajar dan Frekuensi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh positif antara pola belajar terhadap prestasi belajar. 2. Untuk mengetahui pengaruh positif antara frekuensi belajar terhadap prestasi belajar. dan 3. Untuk mengetahui pengaruh positif antara pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 170 orang, sampel diambil sebanyak 114 siswa. Data komunikasi pola belajar dan frekuensi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh persamaan regresi : Y = 54,473 + 0,323X1 + 0,340X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 137,168 > 3,09 (taraf signifikansi 5%) berarti antara pola belajar dan frekuensi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Uji t untuk variabel pola belajar diperoleh thitung > dari ttabel atau 4,647 > 1,982 dan untuk variabel frekuensi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 4,936 > 1,982 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,408 ini menunjukkan bahwa variabel pola belajar dan frekuensi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 40,8%. Sedangkan sisanya sebesar 59,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,8% dan sumbangan efektif 19,5%, variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 52,2% dan sumbangan efektif 21,3%. Secara keseluruhan variabel gaya pola belajar dan frekuensi belajar memberikan sumbangan sebesar 40,8% terhadap prestasi belajar. Selanjutnya di antara kedua variabel tersebut dapat diketahui bahwa variabel pola belajar memberikan sumbangan terbesar terhadap prestasi belajar siswa sebesar (47,8%). Jadi dapat dinyatakan bahwa pola belajar merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola belajar, frekuensi belajar, dan prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2012 05:54 |
Last Modified: | 17 Mar 2012 10:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17349 |
Actions (login required)
View Item |