Safitri, Dian Mei (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Strategi Inquiring Minds Want To Know dengan Pernyataan True or False pada Siswa Kelas IV di SDN Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (617kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan pernyataan True or False. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangasem 1 Laweyan Surakarta yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi teknik dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan pernyataan True or False, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang di atas KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 48,93% meningkat menjadi 86,67% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari aspek: a) mendengarkan penjelasan guru sebelum adanya tindakan 13 (27,65%) meningkat menjadi 37 (82,22%) pada akhir tindakan, b) keaktifan mengungkapkan pendapat sebelum adanya tindakan 11 (23,40%) meningkat menjadi 36 (80,00%) pada akhir tindakan, c) tertib mengerjakan soal sebelum adanya tindakan 21 (44,68%) meningkat menjadi 38 (84,44%) pada akhir tindakan, d) menanyakan materi yang belum jelas sebelum adanya tindakan 14 (29,79%) meningkat menjadi 30 (66,67%) pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan pernyataan True or False dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangasem 1 Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran IPA, inquiring minds want to know, true or false |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 06:04 |
Last Modified: | 16 Mar 2012 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17344 |
Actions (login required)
View Item |