Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Tahun Pelajaran 2011/2012

Zulaihah,, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAPUS.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Tahun Pelajaran 2011/2012". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Bangsri tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sumber data adalah guru kelas IV dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari 74 (dibawah KKM) sebanyak 7 siswa sedangkan yang mendapat nilai ≥ 74 sebanyak 13 siswa. Pada siklus II mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 77,5% siswa mencapai nilai ≥ 74 dari KKM.. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Bangsri Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Picture and Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:23
Last Modified: 16 Mar 2012 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item