Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs Al Ihsan Doglo) Tahun Ajaran 2011/2012)

Febrianto, Ari (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs Al Ihsan Doglo) Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah.publikasi.ari.febrianto.a410080001.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep siswa pada operasi hitung bilangan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran Think-Pair-Share melalui beberapa indikator berikut a) antusias siswa dalam mengerjakan soal di papan tulis secara tepat, b) menanggapi pertanyaan yang diajukan guru, c) Kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat, dan d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi dan mempresentasikan hasil diskusi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan dibantu guru kelas VII. Kepala MTs Al Ihsan sebagai subjek dalam perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas VII MTs Al Ihsan Doglo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 28 siswa sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Data dianalisis melalui tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah a) peningkatan antusias siswa dalam mengerjakan soal di papan tulis secara tepat dari 17,8% menjadi 64,3%, b) peningkatan siswa yang menanggapi pertanyaan yang diajukan guru dari 25% menjadi 67,9%, c) peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat dari 14,2% menjadi 42,9%, dan d) peningkatan kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi dan mempresentasikan hasil diskusi dari 21,4% menjadi 57,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-11
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep operasi hitung pecahan, Think-Pair-Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Mar 2012 10:49
Last Modified: 25 Jul 2012 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item