Warsito, Warsito (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Mengoptimalkan Media Information And Communication Technologies (Ict) (Ptk Di Kelas Viii Smp N 2 Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (127kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (bab 2)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (bab 3)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Da Pus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
09._lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel melalui pendekatan konstruktivisme dengan mengoptimalkan media information and communication technologies (ICT) sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 2 Kebakkramat sebagai pihak pelaksana yang berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah, serta siswa kelas VIII D yang berjumlah 32 siswa sebagai pihak penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1). adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang meliputi aspek : a) siswa mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar (15,63%), dan akhir tindakan menjadi (40,62%); b) siswa mengemukakan ide atau pendapat meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi (28,12%); c) siswa bertanya kepada guru meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar (9,38%), dan akhir tindakan menjadi (37,5%); d) siswa dalam menyimpulkan materi baik kelompok maupun mandiri meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi (48,12%); dan 2). adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme dengan mengoptimalkan media information and communication technologies (ICT) sebagai media pembelajaran yaitu sebelum diadakan penelitian, siswa yang mencapai nilai 60 sebesar 34,38%, sesudah diadakan penelitian sebesar 78,52%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan konstruktivisme dengan mengoptimalkan media information and communication technologies (ICT) sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran matematika dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-19 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi, pembelajaran_konstruktivisme, media information and communication technologies (ICT). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 10:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 07:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17331 |
Actions (login required)
View Item |