Penerapan strategi pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika (ptk pada siswa kelas xii semester ganjil smk negeri 8 surakarta tahun ajaran 2011/2012)

Wulandari, Tri Bakti (2012) Penerapan strategi pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika (ptk pada siswa kelas xii semester ganjil smk negeri 8 surakarta tahun ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Da Pus)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas XII Semester Ganjil SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012) Tri Bakti Wulandari, A 410 070 260, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 71 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan desain PTK yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Negeri 8 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XII A Seni Karawitan yang berjumlah 26 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn mind mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dilihat dari indikator- indikator keaktifan siswa sebagai berikut : 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 34,62% meningkat menjadi 80,77%, 2) mengerjakan soal-soal latihan, tugas, dan PR sebanyak 15,38% sebelum tindakan, dan 76,92% setelah tindakan, 3) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan sebanyak 7,69% dan meningkat menjadi 69,23%, 4) menjawab pertanyaan sebanyak 15,38% sebelum tindakan dan setelah tindakan meningkat menjadi 76,92%, 5) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 11,54% dan setelah tindakan mengalami peningkatan menjadi 73,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, strategi pembelajaran mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Mar 2012 10:49
Last Modified: 16 Mar 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17330

Actions (login required)

View Item View Item