Sutanti,, Eri (2012) Peningakatan Motivasi Belajar Siswa dengan Motode Jigsaw pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (213kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi dengan metode Jigsaw pada siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar siswa dengan metode Jigsaw pada siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut: motivasi siswa pra penelitian sebesar 20,5 %, motivasi belajar siswa selama siklus I sebesar 36,45 % dan meningkat menjadi 83,7 % selama siklus II. Hasil siswa yang merespon metode pembelajaran Jigsaw yang digunakan pada siklus I sebesar 40,54 % dan meningkat menjadi 83,7 % selama siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Jigsaw, motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 05:54 |
Last Modified: | 15 Mar 2012 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17317 |
Actions (login required)
View Item |