Warjinah, Warjinah (2012) Kemampuan Peningkatan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Alt Peraga Pohon Hitung Pada Anak Roudhotul Atfhal (RA) Sudirman Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan merupakan salah satu bagian dari perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan alat peraga pohon hitung pada anak RA Sudirman desa Sumberejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam peneltian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B RA Sudirman Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru. Data tentang kemampuan berhitung permulaan dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data tentang pembelajaran dengan permainan alat peraga pohon hitung dikumpulkan melalui pedoman observasi dan catatan lapangan. Data diolah dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara kemampuan berhitung anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan alat peraga pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak RA Sudirman Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Hal ini terbukti bahwa terjadi peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 38% menjadi 62% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 85%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berhitung, pohon hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 10:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2012 10:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17292 |
Actions (login required)
View Item |