Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Dengan Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawit Tahun Ajaran 2006/2007

Wulandari, Dewi (2007) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Dengan Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawit Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)_cover.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b)_bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
b)_bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
b)_bab_IIIf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
b)_bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
b)_bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar P{ustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
c)_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2012 09:02
Last Modified: 09 Mar 2012 09:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item