Wulandari, Dewi (2007) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Dengan Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawit Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
a)_cover.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Bab I)
b)_bab_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
b)_bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
b)_bab_IIIf.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
b)_bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab V)
b)_bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar P{ustaka)
Dapus.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
c)_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, hasil belajar biologi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 09:02 |
Last Modified: | 09 Mar 2012 09:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17285 |
Actions (login required)
View Item |