Ardhy W, Kharisma (2012) Nilai inti Karakter anti Korupsi dalam Pembelajaran Matematika kelas Cerdas Istimewa(Studi Fenomenologi di SMP Negeri 1 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (526kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan nilai inti karakter anti korupsi yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa SMP Negeri 1 Boyolali. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik karakter tanggung jawab yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa, mendeskripsikan karakteristik karakter disiplin yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa, dan mendeskripsikan karakteristik karakter jujur yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan adalah siswa kelas cerdas istimewa, guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Karakteristik karakter tanggung siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari pelaksanaan dan penyelesaian tugas dengan sungguh-sungguh, penepatan janji yang telah dibuat dalam pembelajaran matematika, dan kesediaan siswa kelas cerdas istimewa dalam menerima akibat dari perbuatan yang telah dilakukan, termasuk perbuatan baik maupun buruk saat pembelajaran matematika berlangsung. Karakter tanggung jawab memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika (2) Karakteristik karakter disiplin siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaan mamatika dicerminkan dari ketaatan siswa terhadap peraturan yang berlaku dan ketepatan waktu siswa, baik ketepatan masuk sekolah maupun pengumpulan ulangan dan tugas. Karakter disiplin memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika (3) Karakteristik karakter jujur siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari melekatnya sifat dapat dipercaya pada diri siswa dan perkataan, perbuatan yang benar siswa saat pembelajaran matematika berlangsung. Karakter jujur memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-14 |
Uncontrolled Keywords: | Kelas cerdas istimewa, karakter tanggung jawab, karakter disiplin, karakter jujur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 06:20 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 04:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17278 |
Actions (login required)
View Item |