Penerapan model pembelajaran Arias Terintegrasi pada Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatan Aktivitas dan Kreativitas Belajar Matematika(PTK di Kelas VIII Semester I SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012)

Putra, Dimas Adila (2012) Penerapan model pembelajaran Arias Terintegrasi pada Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatan Aktivitas dan Kreativitas Belajar Matematika(PTK di Kelas VIII Semester I SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan (1) peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament, dan (2) peningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Aktivitas siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,625% dan di akhir tindakan mencapai 46,875%, 2) Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 21,875% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 3) Aktivitas siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai 59,375%, 4) Kreativitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 5) Kreativitas siswa dalam mengajukan ide atau gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 6,250% dan di akhir tindakan mencapai 21,875%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-15
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament, aktivitas siswa, kreativitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Mar 2012 09:14
Last Modified: 21 Jun 2012 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

View Item View Item