Putra, Dimas Adila (2012) Penerapan model pembelajaran Arias Terintegrasi pada Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatan Aktivitas dan Kreativitas Belajar Matematika(PTK di Kelas VIII Semester I SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (221kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan (1) peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament, dan (2) peningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Aktivitas siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,625% dan di akhir tindakan mencapai 46,875%, 2) Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 21,875% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 3) Aktivitas siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai 59,375%, 4) Kreativitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 5) Kreativitas siswa dalam mengajukan ide atau gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 6,250% dan di akhir tindakan mencapai 21,875%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-15 |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament, aktivitas siswa, kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 08 Mar 2012 09:14 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17269 |
Actions (login required)
View Item |