Pengaruh pembelajaran Ekonomi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Aktivitas Belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi pada siswa kelas X Man Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011

Suwarsi, Suwarsi (2012) Pengaruh pembelajaran Ekonomi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Aktivitas Belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi pada siswa kelas X Man Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontektual terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN Purwodadi; 2) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN Purwodadi; 3) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontektual dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MAN Purwodadi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Purwodadi angkatan 2010/2011. Sampel diambil sebanyak 80 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 59,080+ 0,313X1 + 0,254X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh metode belajar dan aktivitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan metode belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,123 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,22%; 2) Ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,278 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif sebesar 14,28%; 3) Ada pengaruh yang signifikan metode belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,259 > 3,115 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,636. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,345 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara metode belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 34,5%, sedangkan 65,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Mar 2012 04:40
Last Modified: 08 Mar 2012 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item View Item