Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas I SD Negeri02 Banjarharjo Kec.Kebakkramat Kab.Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Nurjanah, Ani (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas I SD Negeri02 Banjarharjo Kec.Kebakkramat Kab.Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas I SD Negeri 02 Banjarharjo Kecamatan Kebakkramat kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan membaca. Data hasil observasi aktifitas siswa dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yaitu 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 70 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan membaca. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa, rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62%, pada siklus II sebesar 74%, dan pada siklus III meningkat menjadi 84%. Rerata tes kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal 64 tingkat ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I nilai rerata 69,33 tingkat ketuntasan klasiklal 56,67%. Pada siklus II nilai rerata 71,50 tingkat ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus III nilai rerata 75,83 tingkat ketuntasan klasikal 86,67%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya, kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 02 Banjarharjo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 dapat meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, tutor sebaya
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Mar 2012 08:30
Last Modified: 07 Mar 2012 08:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item