Pengaruh Lingkungan Tempat inggal Mahasiswa dan Intensitas Komunikasi Interpersonal dalam Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan PPKn Tahun Angkatan 2005/2006

ZAMRON, ZAMRON (2007) Pengaruh Lingkungan Tempat inggal Mahasiswa dan Intensitas Komunikasi Interpersonal dalam Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan PPKn Tahun Angkatan 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal mahasiswa dan intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan PPKn tahun angkatan 2005/2006. Dalam penelitian ini, dikarenakan penelitian populasi atau sensus maka sampel tidak digunakan atau diabaikan. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan PPKn Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2005/2006 yang keseluruhan berjumlah 37 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai lingkungan tempat tinggal, intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi akademik mahasiswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg ........... Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 10,112, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,30 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,29, hasilnya Fhitung > Ftabel = 10,112 > 3,30 atau 10,112 > 5,29, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh lingkungan tempat tinggal mahasiswa dan intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus terhadap prestasi akademik dinyatakan dapat diterima. Variabel lingkungan tempat tinggal mahasiswa memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 25,80%. intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 11,49%, Sehingga nampak bahwa variabel lingkungan tempat tinggal mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi akademik dibandingkan variabel intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus. Dengan demikian jika lingkungan tempat tinggal mahasiswa semakin tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi akademik pada mahasiswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 62,7% yang mempengaruhi prestasi akademik, juga dipengaruhi oleh faktor misalnya pola belajar dan tingkat kecerdasan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan tempat tinggal mahasiswa, intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan PPKn tahun angkatan 2005/2006. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk meningkatkan lingkungan tempat tinggal, dan intensitas komunikasi interpersonal dalam kampus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan tempat tinggal mahasiswa, intensitas komunikasi interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2012 06:44
Last Modified: 07 Mar 2012 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item View Item