Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Penerapan Metode Scramble Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Beji kecamatan Tulung kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Isnaini, Wiji (2012) Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Penerapan Metode Scramble Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Beji kecamatan Tulung kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan penerapan metode Scramble dengan media gambar pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Beji kecamatan Tulung kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode Scramble dengan media gambar yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Beji yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, keterampilan menulis karangan dan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 31,82%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 63,63%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Scramble dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, metode Scramble dengan media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 11:23
Last Modified: 06 Mar 2012 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item